Senin, 02 April 2012

Mitsubishi Ciptakan Alat Isi Ulang Baterai Portable

detail berita
F: MiEV power Box (paultan)
 TOKYO - Mitsubishi Motors Corporation mencoba untuk meringankan pengguna mobil listrik mereka yaitu Mitsubishi i-MiEV dengan merancang sebuah alat pengisian baterai portable yang disebut "MiEV power Box". Dengan alat ini diharapkan mampu meringankan pengguna saat kehabisan sumber tenaga pada kendaraannya saat berada di wilayah yang jauh dari sumber listrik.
 
Alat ini mampu menampung energi AC 100V. Baterai yang terisi penuh mampu memasok 1.500 watt listrik dan mampu terisi selama enam jam. Mitsubishi mengklaim angka tersebut merupakan jumlah daya yang dikonsumsi rata-rata rumah tangga di Jepang dalam sehari.
 
MiEV power Box tidak dirancang untuk mengisi daya rumah tangga, namun hanya peralatan listrik penting. Visi dari alat ini adalah menjadi sumber daya alternatif ketika Anda jauh dari rumah atau dalam keadaan darurat. Ini akan bermanfaat kala bencana alam yang mematikan seluruh jaringan listrik.
 
Dilansir Paultan.org, MiEV power Box rencananya akan mulai dipasarkan di Jepang dengan harga 149.800 Yen atau setara Rp16,7 juta.
 
Sekedar informasi, i-MiEV adalah mobil listrik Mitsubishi yang dapat mengangkut empat penumpang. Saat baterai penuh, mobil ini bisa berjalan 160 kilometer (km) tanpa harus di-charge (diisi). Mobil listrik buatan Mitsubisi ini bisa dipacu dengan kecepatan tertinggi 80 mil per jam atau sekitar 150 km per jam.
 
i-MiEV dapat di-charge di rumah tapi membutuhkan waktu 14 jam. Di stasiun pengisian listrik khusus i-MiEV waktu yang dibutuhkan untuk isi ulang baterai hanya 30 menit, tapi stasiun ini hanya ada 60 unit diseluruh dunia.
 
Untuk diketahui, Mitsubishi i-MiEV berhasil mendapatkan penghargaan sebagai mobil ramah lingkungan dan efesiensi bahan bakar yang cukup irit yang dilakukan oleh Environmental Protection Agency (EPA) dan Departemen of Engery (DOE).
 Sumber : okezone.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar