Senin, 02 April 2012

Waspadai Hot Yoga



OLAHRAGA menjadi kegiatan yang sangat baik untuk kesehatan. Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang banyak digemari akhir-akhir ini. Namun, olahraga pun harus dilakukan dengan benar. Ahli memperingatkan, 'hot yoga'--ritual dengan cara memanaskan suhu kamar hingga 32 derajat, bahkan 40 dejarat celcius, sebelum kelas yoga dimulai--sebenarnya tidaklah berguna.

Tensi tubuh, yang berhubungan dengan temperatur tinggi lingkungan, bisa jadi tidak aman pada kondisi medis tertentu. Diana Zotos, yang bekerja pada departemen rehabilitasi di New York Hospital memperingatkan, jika memiliki sensitivitas terhadap panas--lelah saat panas atau gampang dehidrasi--Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter, sebelum memutuskan untuk ikut kelas yoga.

Penderita asteoarthritis, rheumatoid arthritis, nyeri otot atau nyeri sendi, harus memperhatikan masalah ini. Pemanasan suhu kamar dapat menyebabkan penyakit tambahan terhadap fleksibilitas tubuh. Akibatnya, seseorang dapat menderita keram otot, kerusakan sendi, ligamen, dan tulang rawan.

Selain itu, penderita darah tinggi atau rendah dan penderita penyakit jantung, harus berkonsultasi ke dokter. Sebaiknya lakukan konsultasi kardiolog. Orang yang berusia di atas 40 tahun sebaiknya tidak mengikuti 'hot yoga'.

Sumber : metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar