Senin, 02 April 2012

AS-Jepang Bahas Antisipasi Nuklir Korut

(Foto: CS Monitor)
WASHINGTON - Sejumlah pejabat Amerika Serikat (AS) dan Jepang bertemu untuk mempelajari berbagai kemungkinan yang akan terjadi serta tindakan yang harus diambil jika Korea Utara (Korut) bersikeras meluncurkan satelitnya.

"Kami mendesak Korut untuk tidak melaksanakan rencananya itu. Saya tidak menyangkal jika kami tengah membahas langkah-langkah yang harus diambil jika peluncuran satelit dilakukan," ujar Diplomat Jepang Shinsuke Sugiyama seperti dikutip Japan Today Selasa, (3/4/2012).

Sugiyama menolak untuk menjelaskan lebih jauh upaya apa saja yang akan dilakukan Jepang jika Korut bersekeras meluncurkan satelit miliknya, pada rentang waktu 12 hingga 16 April mendatang. AS dan jepang juga diketahui sempat mendesak PBB untuk menekan Korut atas rencana Negara Komunis itu untuk melakukan uji coba nuklir dan rudal sebelumnya.

Selain itu Sugiyama juga menyerukan dunia internasional memberikan respon yang terkoordinasi atas rencana peluncuran satelit Korut itu.

Sebelumnya Jepang mengatakan, pihaknya akan menembak jatuh satelit Korut jika langkah itu perlu untuk dilakukan. Pernyataan yang sama juga sempat diungkapkan olegh Korea Selatan.

Akibat sikap Korut yang bersikeras meluncurkan satelitnya tanpa mengindahkan kecaman serta desakan dari negara-negara lain, AS telah mengumumkan pihaknya akan menunda rencana bantuan pangan bagi Negara Komunis itu,

Korut dikabarkan akan meluncurkan satelit dengan roket jarak jauhnya pada rentang wkatu 12 hingga 10 April mendatang. Peluncuran ini dilakukan untuk merayakan hari lahir ke 100 pendiri Korut Kim II Sung.

Meski telah mendapat kecaman serta desakan dari dunia internasional, Korut bersikeras akan tetap melaksanakan rencananya itu.
 Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar