Senin, 02 April 2012

Ciuman di Telinga bisa Bikin Tuli

 

Ciuman merupakan salah satu cara menunjukkan kasih sayang. Namun, berhati-hatilah jika Anda memiliki kebiasaan mencium telinga. Penelitian terbaru mengungkap, ciuman di telinga bisa membuat hilangnya pendengaran secara permanen.

Ciuman sayang tepat di bagian depan telinga menyebabkan isapan kuat yang menekan dan merusak selaput dan gendang telinga. Hal itu bisa menyebabkan gangguan yang biasa dikenal dengan istilah cochlear ear-kiss injury. Tak hanya menyebabkan tuli permanen, sejumlah gejala lain yang cukup mengganggu pun akan terjadi. Misal, telinga berdengung, kepekaan terhadap suara, hingga distorsi.

Dr Levi Reiter, peneliti dari Hofstra University, New York, mempelajari fenomena tersebut sejak ia didatangi seorang pasien perempuan yang mengaku tuli lantaran sering dicium di bagian telinga oleh anaknya. Levi sudah mengumpulkan 30 kasus yang akan segera dilaporkan dalam International Journal of Audiology dan International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology.

Levi khawatir pendengaran bayi dan anak-anak rusak lantaran sering dicium di telinga. Kanal telinga bayi dan anak-anak berukuran kecil, sehingga amat rentan. "Ada banyak kasus mengenai masalah kehilangan pendengaran yang tidak diketahui penyebabnya pada anak-anak. Saya yakin sebagian besar penyebabnya berasal dari kecupan di telinga," ujar Levi, seperti dilaporkan Msnbc.


Sumber : metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar